Rabu, 04 Januari 2012

Rokok (kuwi opo? enak?)

Ini awal mulanya kau mengenal rokok. Waktu itu rumah sepi,gak ada orang seorang pun dirumah. Hanya aku dan adikku dirumah. Waktu itu aku masih SMK kelas dua, beruntunglah aku dilhirkan di keluarga baik-baik dengan perilaku baik juga   (walaupun ayahku mantan bandar judi, kakekku juga kog gwe gak ya??_red). Walaupun aku di SMK tapi perilaku ku gak kayak SMK jman dulu yang #### “begitulah”. Akupun waktu itu tak pernah merasakan apa yang dinamakan ROKOK, yang aku tau

rokok kie seger” jare mbah ku.
rokok kie enak lee” jare pak lek ku.
ra ngrokok, ra lanang yan” jare tonggo ku.
Lah,, yang bener yang mana.??

Jare tonggo ku “nek gak ngrokok ki gak lanang”, berarti apa dong?,,,, bencong?... berarti mbok ku bencong..? lah ngawur.. (iku wedok ndul,,,,_red). Berarti.... kalo gak bencong ya perempuan dong. (Begitu kah...?)

Lhaaa tak liyat2,, lan tak sawang-sawang. Diatas meja ruang tamu ada kotak putih bertuliskan “A.mild”. opo iki?(merek rokok_red). Ternyata itu adalah rokok pak lek ku yang ketinggalan bersamaan dengan korek bertuliskan TOKAI, yang katanya korek paling gak awet tapi mahal. Gimana mau awet, pas klumpuan mbek konco-konco, rokokan bareng, mesti bar ngempakne rokok, ditinggal mlengos wes ilang. Halah,,, mending M2000, paling yo g eneng seng njupuk.. heleh,,, podo ae,, jenenge barang gletak gek sekirane kenek digawe,, yo amblas,,,(jare pak lek ku_red)

Aku medekat dan medekat sambil melihat kanan dan kiri, kebetulan adiku lagi di belakang (main dengan temen2nya). Dengan hati2 aku pegang kotak putih itu, dan mengambil batang putih yang ada didalam nya,, eee lakok atos jare “MILD”. Mild kan artine empuk(eng) glinuk2 koyo roti. (Contoh:mild steel=baja lunak aliyas empuk).hahahha

Aku ambil dan seperti ayah dan om ku lakukan, aku memasukakn ujung rokok ke dalam mulut dan,, menyalakanya dengan korek bertuliskan TOKAI. Seperti ayah ku lakukan aku menghisap bulek dalam2.

Lah,,,,,,,, kog ngebros,,,,, (watuk-watuk). Jare enak, jare seger(koyo es ae), jare lanang. Tibakne gak uenak,, nang ilat rasane pye ngunu,, tak sedot-sedot, tak puter2. Endi jare enak, seger, lanang. Ampek entek loro gak kroso-kroso
.
Lhaaa,, tibakne adik ku datang dan melihat kakakya merokok dua batang di ruang tamu,..  dengan muka terkejut,, dan mulut menganga,, dia bertanya

kakak,, apa yanag sedang kakak lakukan?” (maklum lah adik ku masih SD).
Begini,, ini tak seperti yang adik pikirkan,,, kakak bisa jelaskan”.
mau dijelaskan apa lagi kakak,, ini sudah benar2 jelas kakak,,
kamu salah adikku,
tidak mungkin kakak
kakak hanya,,,,,,,,,,,,,,,,”
sudahlah,,,, adik sudah mengerti..” (SINETRON pollll)
ikie lo,, aku mek njajal dek
mase ngrokok,,, mase ngrokok,,,(ngece pol) tak omongne bapak,,, wekkk tak omongne bapak
omongno!”
tenan?”
“OJO lah dek,,,”

Ayah pulang dan rokok yang tadi aku pegan tlah lari ke asbak terlebih dahulu.
Dengan perasaan cemas dan dagdigdug...... pret..

“pak,,, mase maeng ngrokok..”
Ayah jawab apa.. “bene,,, senono dik
Hahahahahaha ngunu tok baae,,,
adik .... 1-0 hahaha

Aku masih penasaran apa sie yang membuat orang begitu gandrung dengan yang namany rokok,,, (hayo...)
Sampai sekarang aku belum bisa merasakan dimana nikmatnya merokok??
Ini menurut pemikiran saya kenapa orang merokok?
  1. Buat gaya-gayaan
  2. Biar gak dianggap bencong
  3. Biar lanang
  4. Cek gaol
  5. Cek iso diawori arek-arek
  6. Ben ra di ceng
  7. Mudah bergaul
  8. Gampang akrab karo konco rokoan 
  9.       .......... 
  10. Ben ra koyo bencong (padahal bencong ngrokok)
Ora ono nang pikiran ku nek wong ngrokok goro-goro enak. Pertama kali aku ngrokok, aku tak memasukan asab ke dalam perut, ataupun paru2, hanya di mulut. Pernah aku coba,, eh,,, mblokek(cekeh,, cekeh,,). 

Suwe2 iso,, tapi suweeeee2 malah nang nadas abot,, karo mumet..(kudu mutah). Endi enak e pikir ku,,,
Saiki wes endak rokokan, rokok opo ae mlebu. Mulai putihan (arene mild), samsu, surya, godong jati, ampek ting we(nglinting dewe), pernah aku coba,,,
NANG NDI ENAKE,,,,,,,,,, (dimana enaknya ngrokok???????)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar